Buat yang pertama kali naik pesawat.. Tips Bagus loh..

Karna beberapa waktu yang lalu berangkat ke pekanbaru dengan pesawat. Baru nyadar, ini mgkn pertama kalinya naik pesawat tanpa ada yg ngurusin biaya2 dipesawat. Kalau biasanya sih ada orang tua yang ngurusin, apa2 aja yg mesti disiapin. Atau dulu pernah kemalaysia bareng anak2 Teknik ada juga yg ngurusin. Tapi sekarang?? Agak bingung juga sih mula2nya. Tapi setelah cek dan ricek di internet.. kayaknya sederhana kok.. gak ribet. Buat yang pertama kali naik pesawat, mungkin bisa ni dijadiin masukan, gak perlu grogi deh.. sederhana banget loh..
kios-tiketOke, Saatnya sharing pengalaman naik pesawat. Untuk kali ini perginya dalam negri, untuk luar negri gak jauh beda kok. Tapi next time sharingnya ya.. Buat yang masih ragu2 atau takut. Dijamin deh, setelah baca tulisan ini pasti jadi clear semua. Benerannn,, naik pewat itu enak loh. Hehe..

 

1.  Persiapan
Yup! Pasti yang paling utama disiapkan tiketnya. Jangan sampai ketinggalan ya.. Pastikan juga tiketnya, Lihat baik2 tu tiketnya. Biasanya ada tulisan nama penerbangan, flight, tanggal dan jam. Kalau disitu anda melihat jam pertunjukan 15:00 teather 2, berarti anda salah membeli tiket dong!! Itu kan untuk bioskop XXI hahahaaa.. Udah tau jugakan, kalau kebandara itu minimal 1 jam udah disana ya..!!
Usahakan bawa barang sesedikit mungkin.. Kalau terlalu banyak, Ntar Security Bandara bakal mengira anda mau buka lapak di bandara..!! (Hancur dah!!).. Satu lagi yang penting. Jangan membawa benda2 terlarang seperti Narkoba misalnya, atau jangan juga membawa benda2 Tajam seperti, bambu runcing, jarum, gunting, linggis dan paku (Apaan sih?!?). Kalau memang sangat dibutuhkan, anda bisa bawa koper dan tentu saja itu akan dikenakan biaya tambahan. Makanya kalau sedikitkan bisa dibawa didalam tas aja, dan itu gak akan dikenakan biaya tambahan lainnya.
2. DiBandara
Oke, sekarang anda sudah dibandara. Yang penting anda harus bedakan antra bandara kedatangan dan keberangkatan ya.. Jangan sampai ketuker loh.., Seriusss. Kalau anda bingung, atau ragu anda dimana. Jangan ragu2 untuk bertanya. Ini juga penting, lucu banget kan kalau sampai anda tersesat. Salah2 anda udah di terminal Amplas, Medan lagi.. hehe.. Makanya jangan ragu untuk bertanya pada petugas yang berada disekitar anda.
Perhatikan layar monitor yang berada di sekitar anda. Biasanya akan terpampang jadwal keberangkatan anda dengan jenis pesawat dan daerah yang dituju. Pastikan kalau tanda chek in telah dibuka, kalau belum ada tanda ini, ya tunggu aja sebentar lagi.. biasanya 1 jam sebelum berangkat sudah dibuka kok.
3.  X-ray scanning
Setelah jadwal check in anda buka, maka bergegaslah menuju tempat check in.  Sekali lagi, kalau anda tersesat.. jangan ragu2 untuk bertanya dimana lokasi chek in anda. Biasanya sebelum masuk kesana, akan dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan oleh petugas dengan alat yang disebut X-Ray cabbinet. Tugas tuh alat buat ngeliat apa aja sih barang yg kita bawa selama penerbangan nanti. Makanya, letakkan tas dan koper anda ditempatnya. Kalau anda sih gak mungkin lewat dari situ (mana muat gan!) anda akan melewati benda sejenis kosen gitu. Kalau tiba2 ternyata bunyi dan anda didekati oleh petugas. Maka stay cool bro, jangan takut. Mereka Cuma melakukan prosedur keselamatan kok… selama kita masih bisa jelasin benda2 tsb yg mungkin bagi mereka mencurigakan. Ya.. misalnya benda2 tajam tadi (Halahh, buat apa sih di bawa ! ) asal anda jangan bawa narkoba ya.. (Gimana mau jelasinnya??!?)
4. Check in counter
Selanjutnya menuju tempat penukaran tiket. Silahkan lihat baik2, dimana tempat check in anda, sesuaikan dengan jadwal dan tujuan keberangkatan anda. Jangan lupa ngantri ya.. salah2 anda bisa di jitak pula dengan penumpang lainnya.. hehe.. Setibanya giliran anda, serahkan tiket dan barang bawaan anda, jangan sekali-sekali anda serahkan dompet, jam tangan, handphone, kalung kepada petugas tiket nanti dikira anda mau gadaikan barang (Makin ngaco nih!) mungkin petugas juga memerlukan KTP anda untuk mencocokkannya dengan tiket. Biasanya juga,  petugasnya bakal nanya anda pakai cargo gak. Nah disaat itulah anda dapat menitipkan koper besar anda jika anda bawa. Dan petugas juga akan memberikan nomer cargo kepada anda. Setelah proses ini selesai, anda akan diberikan Nomer tempat duduk, nomer Cargo dan juga boarding pass. Boarding pass ini berguna untuk tahapan selanjutnya.
5.  Boarding Lounge.
Boarding Lounge adalah tempat yg bisa anda gunakan untuk menunggu jadwal terbang anda. Sebelum anda masuk kesini, anda wajib menukarkannya dengan boarding pass tadi melalui tempat pembayarannya. Biasanya biayanya gak mahal dari tiketnya kok. Untuk domestic sekitar 30 sampai 40 ribu rupiah. Ingat!! Ni wajib anda bayar!! So, jangan sekali2 anda melewatkannya. Klo gak anda bayar, ntar anda gak dikasi masuk, terus anda masuknya dari mana coba??
Setelah anda dapatkan tiket untuk ke Boarding Lounge maka mantapkan diri anda menuju kesana. Selanjutnya, tunjukkan kertas boarding tadi kepetugas. Biasanya sebelum masuk akan dilakukan pemeriksaan sekali lagi loh. Setelah anda melewatinya.. maka jangan terkejut kalau anda melihat ruangan yang berisi tempat duduk yang telah diisi dengan calon2 penumpang yang sangat ramai. Jangan khawatir, mereka semuanya gak satu pesawat kok dengan anda. Hehe.. Mungkin aja jadwalnya berdekatan. Untuk itu pilihlah tempat duduk yang menurut anda nyaman, atau cari tempat duduk yang sesuai dengan Gate yang tertera di tiket pesawat anda.
Sesampainya disini, anda harus bersabar menunggu panggilan. Sabar.. mungkin sedikit lama karna kalau anda datangnya 1 jam sebelum berangkat mungkin anda akan menunggu 1 jam. Atau kalau delay.. yahh.. tahankanlah coy, hahaa.. Untuk itu silahkan anda menghabiskan waktu dengan membaca, ngobrol atau makan sesuatu yang dijual disekitar boarding lounge. Tapi yang mesti diingat, siapkan kuping anda untuk mendengarkan pemberitahuan yg disampaikan petugas mengenai keberangkatan anda. Lakukan kegiatan menunggu anda di tempat duduk secara tertib. Jangan sekali-sekali menunggu diruang kamar mandi/WC ya!! Ntar gak denger loh!
6.  Dipesawat, Mari berangkat..!!
            Setelah giliran panggilan anda, maka mantapkan langkah untuk menuju pintu/Gate sesuai dengan penerbangan anda. Anda akan dimintai untuk menunjukkan tiket anda dan skali lagi antri yang tertib ya. Selanjutnya ikuti penumpang lain, atau lihat intruksi petugas disekitar anda, supaya anda gak salah pesawat loh.. hehe.. Naik tangga, dan anda akan disapa oleh pramugari yang ramah, cihuyy.. Selanjutnya cocokkan kursi anda dengan nomer duduk yang telah diberikan pada saat check in tadi. Letakkan tas anda pada tempat penyimpanan barang diatas tempat duduk anda. Dan duduklah dengan rapi. Selanjutnya, anda gak perlu ngikutin intruksi dari saya.. ikutin aja intruksi dari pramugarinya, ntar dia bakal ngasi tau tata tertib didalam pesawat. Mulai dari matiin HP sampai kasi tau tata cara keselamatan dipesawat.. Dengarkan baik2 ya.. Jangan diketawain kalau pramugari melakukan gerakan2 yang aneh! (Emang begitu prosedurnya hehe..)

Dan terakhir sebelum take off, Berdoalah..!! Gak boleh sombong, Do’a itu penting bro!! dan juga pastikan pilotnya udah didalem, bayangin kalau gak ada pilotnya kan, gimana mau terbang. Hahaa (yang ini beneran becanda loh.. jangan pergi ketempat pilotnya ya… ntar anda dikira orang gila lagi.. haha) Oke.. Dan anda pun siap2 untuk Berangkat!!!